KPU Gelar Pemungutan Ulang Dibeberapa TPS

70 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Komisi Pemilu Umum (KPU) tidak menutup kemungkinan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di berbagai daerah termasuk di Kabupaten Gunungkidul.

Terkait hal itu, KPU akan menunggu rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menyelenggarakannya.

Komisioner Badang Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul, Sudarmanto mengatakan,di Kabupaten Gunungkidul masih ada potensi dilakukan PSU. Meski demikian, Bawaslu masih akan melihat perkembangan situasi dan kondisi.

“Kami belum mendapat laporan terkait dengan Pemilihan Suara Ulang (PSU). Semua masih menunggu laporan dari Panitia Pemungutan Suara (PPS),”katanya Senin,( 22/4/2019).

Sudarmanto menjelaskan,pelaksanaan PSU dapat dilaksanakan apabila terjadi pelanggaran pemilu. Selain itu PSU juga dapat dilaksanakan apabila saat Pemilu ada salah satu surat suara yang tercecer atau tidak tersedia.

“Kami juga masih melakukan konsultasi dengan Bawaslu DIY untuk diadakannya PSU,”ujarnya.

Sudarmanto mengatakan, hasil pencermatan dari C1 Plano yang diserahkan ke saksi maupun ke Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) akan dilakukan pengecekkan. Kemudian juga melihat hasil rekapitulasi suara di tingkat kecamatan. (Santi)

Related Post