KPU Siapkan Taman Edukasi Pemilu, Ini Tujuannya:

103 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Untuk meningkatkan partisipasi generasi pemilih pemula dalam mengenal nilai-nilai demokrasi dan pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul memiliki cara tersendiri.

Cara tersebut yakni dengan mengonsep Rumah Pintar Pemilu yang diberi nama Taman Edukasi Pemilu.

“Taman Edukasi Pemilu merupakan salah satu program untuk melakukan edukasi pemilu bagi pemilih pemula,” kata Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, Kamis (14/11/2019).

Hani mengungkapkan pendidikan melalui Taman Edukasi Pemilu merupakan salah satu program yang dilaksanakan dan selaras dengan program KPU Pusat. Sehingga setiap daerah memiliki program yang sama tetapi memiliki nama berbeda.

Hani menjelaskan untuk menyukseskan program tersebut jajarannya memanfaatkan segala fasilitas yang dimiliki KPU Gunungkidul, mulai dari ruangan rapat menjadi ruangan utama program, hingga membuat dinding kantor KPU Gunungkidul dipenuhi dengan leaflet pembelajaran tentang pemilu.

“Konsep ini bertujuan untuk memberikan edukasi sehingga diharapkan pemilih pemula benar-benar paham,” ucapnya.

Dia menambahkan, KPU Gunungkidul sangat menerima jika ada pihak lain untuk mengajukan program tersebut agar diselenggarakan ditempat mereka seperti kampus maupun sekolah.

“Kami menerima kunjungan di Kantor KPU Gunungkidul, atau pihak sekolah maupun kami datang ke sekolah dan kampus untuk belajar bersama tentang demokrasi dan pemilu,” tutupnya. (Falentina)

Related Post