KPU Tambah Daerah Pemilihan

126 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul telah menambah daerah pemilihan (Dapil) dari 5 dapil menjadi 6 dapil.

Penambahan Dapil dilakukan atas dasar undang- undang dan dari pihak KPU menerbitkan Petunjuk teknis (Juknis) yang mengharuskan setiap dapil hanya boleh 10 kursi.

“Dari segi data kami sudah sampaikan ke tiap partai, dengan adanya penambahan dapil ini maka ada penambahan TPS,” terang Ketua KPU Kabupaten Gunungkidul Zainuri Ikhsan kepada wartawan, Selasa (10/4/2018).

Menurut Zainuri, KPU Gunungkidul telah mencatat ada 630 ribu data pemilih. Akan tetapi, data dari KPU pusat mencapai 660 ribu data pemilih.
Ia mengaku adanya perbedaan data pemilih.

Pihaknya menduga adanya data pemilih ganda yang tercatat di KPU pusat, karena ada perubahan nama dan pindah penduduk.

“Bisa jadi data ganda tersebut karena ada perubahan nama di KTP lama dengan e-KTP, sebagai contoh adanya orang yang merubah dari nama muda, ke nama tua, lalu adanya perpindahan,” paparnya.

Zainuri menambahkan, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi penambahan dapil. Ia mentargetkan pada Senin mendatanf sosialisasi mulai dilakukan dengan cara bertatap muka.

“Sekarang baru menggunakan sarana online. Dan Senin besok akan kami lakukan sosialisasi tatap muka,” tutupnya. (Susanti)

Related Post