KPU Usulkan Dua Draf Dapil Ke Pusat

86 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunungkidul mengusulkan tiga draf untuk penentuan dapil pada Pemilu 2019 nanti.

Namun hanya dua opsi yang banyak dipilih oleh pihak Parpol maupun masyarakat.

Opsi pertama dapil yakni Untuk Dapil I (Semanu, Wonosari, Playen) disedaiakan 12 kursi, Dapil II (Patuk, Gedangsari, Nglipar, Ngawen) 9 kursi, Dapil III (Semin, Karangmojo, Ponjong) 10 kursi, Dapil IV (Tepus, Rongkop, Girisubo, Tanjungsari) 7 kursi, Dapil V (Saptosari, Paliyan, Panggang Purwosari) 7 kursi.

Untuk usulan kedua, Dapil I (Wonosari, Playen) 9 kursi, Dapil II (Patuk, Gedangsari, Nglipar, Playen, Ngawen) 8 kursi, Dapil III (Semin, Karangmojo, Ponjong) 10 kursi, DapilIV (Semanu, Rongkop, Girisubo, Tepus) 9 kursi, dan Dapil V (Panggang, Paliyan, Tanjungsari, Saptosari, Purwosari) 9 kursi.

“Kedua opsi itu paling banyak dipilih. Sementara untuk pilihan yang ketiga tidak diusulkan karena mengubah komposisi dan susunan daerah pemilihan,” ujar Ketua KPUGunungkidul M Zainuri Ikhsan, Kamis (8/2/2018).

Usai tahap uji publik ini, kedua usulan dapil akan dikirim ke KPU DIY kemudian diteruskan ke KPU RI. Penetapan Dapil nantinya akan dilakukan oleh KPU RI.

“Kami harapkan bulan Maret mendatang sudah selesai penetuan Dapil, tinggal kita melanjutkan ke tahap selanjutnya. Menuju Pemilu 2019 nanti,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Endah Subekti Kuntariningsih mengaku pihaknya lebih condong memilih draf seperti pada pemilu tahun lalu. Namun semua itu penentuan akhir berada ditangan KPU.

“Ya paling yakin memilih draf yang sama dengan pelaksanaan pemilu 2014 solam. Tetapi ini hanya pilihan saja, semuanya kami serahkan ke pihak KPU,” ucap Endah. (Santi)

Related Post