Kran Terbuka Investor Masuk Gunungkidul

66 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Saat ini, pengembangan pariwisata di Gunungkidul mulai dihadapkan tantangan besar.

Perlu adanya konsep baru yang khas dari Gunungkidul untuk menarik wisatawan tingkat nasional bahkan internasional.

CEO Gunungkidul Journey, Asmono Wikan mengungkapkan, pariwisata di Gunungkidul akan dibuat kearah industri dengan membuka keran investor dari luar atau menumpukan pariwisata berbasis masyarakat sebenarnya tidak ada masalah.

“Dari hasil diskusi dengan melibatkan sejumlah narasumber dan pelaku wisata arah keduanya tidak masalah asalkan secara profesional mengelolanya dan untuk kepentingan dan keuntungan masyarakat,” ujar Wikan seusai acara Talkshow Masa Depan Pariwisata Gunungkidul: Industrialisasi atau Berbasis Masyarakat, di Bangsal Sewokoprojo, Wonosari, Selasa (02/10).

Menurut Wikan lama tinggal/ longstay menjadi bahan diskusi yang menarik pula dalam talkshow itu. Yang terpenting bagaimana agar para wisatawan belanja Di Gunungkidul baik kuliner, oleh-oleh maupun kebutuhan yang lain selama berwisata.

Dalam pengembangan patiwisata sendiri, sejumlah desa sudah mulai berkomitmen dengan mengalokasikan dana untuk pengembangan wisata.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah mengungkapkan, pariwisata di Gunungkidul memang tengah berkembangan dengan pesat. Pembangunan kepariwisataan diupayakan sistematis terencana, terpadu, berkelanjutan, serta bertanggungjawab.

“Dapat kita nikmati booming pariwisata itu jika ditata secara terarah, sistematis dan berkelanjutan. Perkembangan pariwisata berpengaruh pula pada sektor lain seperti peternakan, pertanian, industri kecil, dan berbagai sektor lainnya,” kata Badingah.

Menurut Badingah, Pariwisata saat ini juga telah dikelola dengan baik oleh masyarakat desa dengan kemandirian. Meski begitu perbaikan-perbaikan dunia pariwisata memang perlu dilakukan. (Santi)

Related Post