KUA Karangmojo Maju Lomba Tingkat DIY

image

Kantor KUA Karangmojo. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karangmojo maju mengikuti lomba KUA teladan tingkat Provinsi DIY.

Berbagai progam unggulan dan pelayanan terhadap masyarakat berhasil ditampilkan dihadapan para juri, Senin, (8/5/2017) kemarin.

Kepala KUA Karangmojo, Dr.H.Asrofi menyampaikan beberapa program unggulan yang di kedepankan, diantaranya reformasi kepenghuluan, penghapusan percaloan, perbaikan sarana dan prasarana, dinamisasi wakaf, pemberdayaan ekonomi calon pengantin tidak mampu dengan menggandeng dunia usaha, gerakan urus IMB dan penyelamatan aset masjid, mencegah pernikahan dini, dan bina keluarga sakinah.

“Reformasi kepenghuluan yang kami maksud yaitu mulai dari prosedur yang jelas, transparan,dan out put yang terukur,”jelasnya, Selasa,(9/5/2017).

Lebih lanjut H.Asrofi menuturkan bahwa selama ini kesannya pelayanan KUA tidak transparan, untuk itu saat ini akan dibuat menjadi transparan.  

“Untuk program penghapusan percaloan, kita ambil kebijakan dengan cara hanya melayani pemohon di KUA yang memang bersangkutan dengan orang yang berkepentingan dengan KUA, kalau hanya orang yang mengatas namakan seseorang yang berkepentingan, mohon maaf kami tidak dapat melayani,” tegasnya.

Untuk program pencegahan pernikahan dini, KUA Karangmojo bekerjasama dengan pemerintah desa, sekolah dan juga puskesmas setempat, tercatat bahwa dari tahun 2014 sampai 2016  saja, pernikahan dini menurun 1,5% di setiap tahunnya.

Adapun visi dari KUA Karangmojo yaitu terwujudnya masyarakat muslim yang taat beragama, rukun, cerdas, mandiri, sejahtera lahir batin. Kemudian misinya adalah pelayanan yang Lemah Lembut Adil Transparan Inovatif dan Profesional (LATIP), dan juga bisa memberikan pelayanan yang ber intregitas dan ptofesional dalam mewujudkan masyarakat yang agamis dan berbudaya, dan juga meningkatkan kualitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), meningkatkan pelayanan yang sebaik- baiknya.

“Hal yang paling utama adalah bukan juara yang dipentingkan, namun pembinaan agar kedepan KUA Karangmojo bisa lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post