KUA Karangmojo Raih Predikat Teladan

image

Gunungkidulpost.com -Karangmojo-Menjadi Kantor Urusan Agama(KUA) teladan di wilayah Gunungkidul, dengan berbagai program unggulan yang berhasil dijalankan, KUA Karangmojo ternyata mempunyai lahan yang fantastis.

Dengan luas lahan 10.000 m lebih bisa jadi ini adalah KUA dengan lahan terluas di DIY.

Kepala KUA Karangmojo Dr.H.Asrofi mengatakan, bahwa dengan lahan yang luas ini, bukanlah salah satu keunggulannya melainkan kesempatan, bagaimana kita bisa memanfaatkan lahan dengan maksimal dan memasukannya dalam program unggulan.

“Dengan lahan yang luas, tentu kami harus melakukan penataan lahan dan pemanfaatan lahan dengan maksimal agar semua bisa rapi dan bermanfaat,” katanya, kepada Gunungkidulpost.com, Selasa,(9/5/2017) .

Hal yang perlu masyarakat tau bahwa KUA Karangmojo saat ini sistem pelayanan sudah menggunakan aplikasi sesuai bidangnya masing- masing.

Lebih lanjut H.Asrofi mencoba memaparkan, ada yang namanya aplikasi SIMBI (Sistem Informasi Bimbingan Masyarakat Islam), kemudian SIWAK (Sistem Wakaf), SIMKAH (Sistem Informasi Menegemen Pernikahan/Perkawinan), SIMZAT (Sistem Informasi Zakat), yang terakhir ada SIMAS (Sistem Informasi Urusan Masjid).

“Dengan aplikasi itu, kami bisa melayani masyarakat sesuai dengan sistem aplikasi yang telah dibuat,” jelasnya.

Berbicara soal perwakafan, di Kecamatan Karangmojo ini ada 237 masjid dan mushola, 117 diantaranya sudah wakaf.

“Dari 237 masjid dan mushola yang ada pihak pengurus bersama- sama  bersepakat untuk mengurus Ijin Mendirikan Bangunan (IMB ) nya, sehingga dengan ini program urus IMB kami telah berjalan,” ucapnya.

Selain itu, lanjut H.Asrofi kita juga menggerakan program bina keluarga sakinah, yang mana kita secara berkala mencoba terjunkan penyuluh agama kepada masyarakat untuk mendinamisasikan dan memberdayakan mejelis taklim yang ada di masjid- masjid yang ada di Karangmojo.

“Dengan semua program yang kami gerakan, semoga kedepannya akan membuat KUA Karangmojo menjadi lebih baik dan dipercaya,” pingkasnya. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post