Kunjungan Wisatawan Asing Masih Minim

120 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Ditengah boomingnya pariwisata di Gunungkidul belum belum mampu menarik hari para wisatawan mancanegara.

Hal itu terliha dari jumlah kunjungan wisatawan asing yang dinilai masih sedikit.

Dari catatan tahun lalu total jumlah kunjungan wisata seluruhnya di Gunungkidul ada 3.285.000 orang dan jumlah kunjungan wisatawan asing sekitar 21.000 orang.

“Jika dibandingkan dengan totalnya masih sangat sedikit kunjungan wisatawan asing,” katanya Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono kepada wartawan, Kamis (15/3/2018).

Beberapa destinasi yang sudah dapat mendata wisatawan asing diantaranya, Gunung api purba, Nglanggeran, Gua Jomblang, dan Kalisuci.

Dia mengatakan setidaknya perlu tiga hal untuk meningkatkan kunjungan wisata tersebut. Pertama Atraksi, atau apa yang disajikan dari tempat wisata tersebut harus benar-benar baik, dan menurut Hary, Gunungkidul telah memiliki itu. Kedua, Aksesbilitas, menurutnya Dinpar telah bekerjasama dengan OPD terkait lainnya untuk perbaikan akses-akses ke wisata, ketiga yaitu amenitas, atau fasilitas di tempat wisata juga penting menurutnya.

“Peningkatan SDM itu terus kami lakukan baik melalui pelatihan dari kami, atau dari ahli dari luar Dinas juga,” bebernya.

Sementara itu, Pengurus bagian pemasaran Desa Wisata Nglanggeran, Heru Purwanto, menuturkan meski jumlah pengunjung wisatawan asaing masih minim, promosi terus dilakukan baik melaluitravel agent, maupun media social, ataupun website.

“Untuk kunjungan wisatawan asing pada 2017, ada sejumlah 1.794 wisatawan, dari 149.241 wisatawan. Kami terus berusaha mempromosikan wisata sapaya minat wisatawan asing dapat meningkat,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post