Kunjungi BUMDes, Menteri Desa Dorong Peningkatan Pariwisata

64 views

Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo melakukan kunjungan kerja dalam rangka launcing kerjasama BUMDes binaan.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan akan meningkatkan pariwisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

“Memang pemerintah berharap dana desa sebagai stimulus untuk menguatkan bumdes kita libatkan dunia usaha yakni csr BRI dan lion air,” ujarnya Eko Putro Sandjojo saat ditemui wartawan.

Pihaknya menekankan pentingnya BUMDes sebagai salah satu faktor penurunan tingkat kemiskinan masyarakat.

Untuk pengelola daerah wisatanya bagus. Dan dirinya berharap dana desa bisa dipakai untuk homestay. Sehingga uang yang didapat lebih banyak.

“Ini kesempatan yang bagus untuk mengentaskan kemiskinan apalagi Bupati Gunungkidul sangat mendukung tentang peningkatan PAD tersebut,” ungkapnya.

Eko mengaku sangat senang adanya kerjasama dari BRI dan maskapai penerbangan Lion Air. Pihaknya mengapresiasi kinerja pemerintahan Gunungkidul untuk mengurangi tingkat kemiskinan.

“Gunungkidul masuk dalam daerah yang maju karena mampu mengentaskan kemiskinan melalui sektor pariwisata,” ungkap Eko.

Eko berharap kerjasama antara lion dan bri ini mampu meningkatkan kunjungan wisata Gunungkidul.

Lebih lanjut, Eko menambahkan dana desa yang telah dikucurkan oleh pemerintah mampu diorientasikan untuk mengemas situs wisata. Selain itu juga mengembangkan homestay.

Homestay ini supaya wisatawan bisa menginap sehingga meningkatkan kelipatan keuntungan. Karena di Gunungkidul semua sudah mendukung baik pemerintah daerah maupun masyarakat setempat dan ini tinggal memoles saja,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan sesuai visi misi kami yakni pariwisata menjadu motor penggerak pembangunan. Konsep pengembangan wisata adalah pemberdayaan masyarakat.

Salah satu obyek wisata unggulan kami adalah Goa Pindul. Dahulu daerah ini hanya didominasi sektor pertanian. Tapi kini mampu bangkit.

“Kami berharap kerjasama antara lion dan BRI ini mampu meningkatkan kunjungan wisata Gunungkidul,” papar Badingah. (Bayu Prihartanto)

Related Post