Kunjungi Gunungkidul, Pak Menteri Dorong UMKM

49 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Prof.H.Mohamad Nasir, Ph.D,Ak melakukan kunjungan kerja di Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Desa Gading, Kecamatan Playen, Jumat (13/7/2018) siang.

Kunjungan kerja ini berhubungan dengan ditetapkannya BPTBA LIPI sebagai lembaga pusat unggulan IPTEK bidang teknologi pengemasan makanan tradisional Indonesia.

“Tempat ini sekaligus untuk dapat memberikan gambaran, penjelasan, masukan, informasi dan mengadakan diskusi dalam kegiatan seminar yang terkait dengan pemanfaatan teknologi pengemasan makanan tradisional,” kata Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Prof.H.Mohamad Nasir, Ph.D,Ak saat menggelar kunjungan kerja, Jumat (13/7/2018) siang.

Dia berharap, BPTBA LIPI ini dapat meningkatkan perolehan dan prestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada khususnya dibidang pangan dan pengembangan makanan tradisional.

“Sehingga produk hasil riset dapat sampai ke masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil bupati Immawan Wahyudi mengatakan bupati Gunungkidul telah memebrikan himbauan kepada pasar modern untuk menjual produk-produk UMKM Gunungkidul.

“Kami bersama bupati sudah menghimbau kepada pasar modern agar ramah kepada produk-produk lokal UMKM Gunungkidul, bahkan camat Patuk sampai mendatangi pasar modern agar mau menjual produk UMKM,” katanya.

Ia mengatakan produk lokal harus memenuhi standar yang ditentukan.

“Harus ada standarisasi seperti standar kesehatan (higienis) makanan, rasa, dan hal-hal yang lain supaya produknya menarik. Kita akan berkoordinasi dengan Disperindag dan Bappeda kedepannya,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post