Kuota Sedikit, Peminat Pelatihan di BLK Terus Menggelembung

903 views
Pelaksana Teknis sekaligus Kepala UPT BLK Wonosari, Zhakaria. (Foto : Heri Prastawa)

Pelaksana Teknis sekaligus Kepala UPT BLK Wonosari, Zakari. (Foto : Heri Prastawa)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Balai Latihan Kerja (BLK) Gunungkidul terus berupaya menciptakan tenaga kerja yang siap mandiri. Untuk mewujudkan hal seperti itu, dalam tahun 2016 ini akan dilakukan berbagai pelatihan kerja.

Pelaksana Teknis sekaligus Kepala UPT BLK Wonosari, Zakari mengatakan, berbagai pelatihan diprioritaskan untuk masyarakat yang masih menganggur, diantaranya Menjahit, Tata boga, Teknisi komputer, Las listrik, Sepeda motor, Instalasi listrik, Pendingin AC dan Ukir kayu. “Untuk dana, kami mendapat gelontoran dana dari APBN,”katanya saat ditemui Gunungkidulpost.com Selasa (4/10/2016).

Pihaknya mengakui, berbagai pelatihan yang diadakan di BLK Wonosari banyak diminati masyarakat sekitar. “Banyak warga yang berminat, dan kami harus melakukan seleksi terlebih dahulu, Karena setiap paket hanya diikuti oleh 16 peserta saja, sedangkan peminatnya banyak,” katanya.

Peminat program pelatihan sebagian besar dari kalangan anak muda yang belum mendapatkan pekerjaan. Dalam setiap melaksanakan kursus pelatihan, pihak BLK sendiri tidak memungut biaya sepeserpun atau gratis. “Malahan setiap peserta nantinya justru kami beri uang saku dan sertifikat hasil nilai,”ungkapnya.

Ia juga menambahkan, untuk tahun 2016 sekarang peminat peserta lebih banyak dari pada tahun 2015.” Karena tahun lalu hanya berkomunikasi saja, untuk tahun ini kami juga ada pamflet,”tambahnya. (Heri)

blkwonosari gunungkidulpost

Related Post