Kuota Siswa SMP Belum Penuhi Target

64 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Pendidikan Pemudan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungikidul akan memberlakukan program retrifel.

Hal ini dilakukan agar sekolah negeri yang kekurangan murid dapat menambah peserta didik untuk mencukupi kuota sekolahnya.

Kepala Bidang SMP Disdikpora kabupaten Gunungkidul Kisworo menyampaikan, program retrifel adalah program penarikan kembali anak seusia SMP masuk ke sekolah menengah pertama, agar kuota sekolah dapat terpenuhi.

“Banyak sekolah pinggiran di Kabupaten Gunungidul yang tidak mampu memenuhi kuota muridnya dikarenakan lulusan SD lebih sedikit dari pada kursi SMP yang disediakan,” kata Kisworo, Kamis, (19/7).

Kisworo mengatakan, sekolah yang berada dipinggiran masih banyak yang kekurangan murit seperti SMP 3 Tepus, Smp 2 Tepus, SMP 1 Tanjungsari, SMP 2 Tanjungsari, SMP 3 Saptosari, dan SMP 2 Saptosari.

Dengan program retrifel diharapkan anak usia SMP dapat tetap bersekolah di sekolah negeri yang masih tersedia kursinya.

Sementara itu, kepala SMP 2 Paliyan Sobhari mengatakan, sekolahnya tidak mampu memenuhi kuota yang tersedia disekolahnya. Hal ini karena berada di pinggiran.

“Kami kesulitan untuk memenuhi kuota kursi yang disediakan saat PPDB yang mendaftar resmi secara online hanya ada 41 siswa sedangkan kami menyediakan 128 kursi,” katanya.

Dari jumlah tersebut, hanya 37 siswa yang melakukan pendaftaran ulang sedangkan 4 siswa lainnya tidak mendaftarkan ulang dirinya. (Santi)

Related Post