Lagi, Gempa Guncang Gunungkidul

463 views
image

(Foto: BMKG Yogyakarta)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Gempa kembali mengguncang Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (18/2) malam sekitar Pukul 19.22 WIB. Gempa berskala 2.5 tersebut banyak yang tidak dirasakan oleh warga.

Informasi yang dihimpun Gunungkidulpost.com, dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, gempa berkekuatan 2.5 skala richter berada pada koordinat 8.51 Lintang Selatan, dan 110.72 Bujur Timur dengan kedalaman 21 kilometer yang berpusat di 54 kilo meter sebelah tenggara Gunungkidul.

Petugas Staf Data dan Informasi BMKG Yogyakarta, Indah Retno Wulan mengatakan, gempa berkekuatan 2.5 SR ini relatif lebih kecil daripada gempa sebelumnya. Menurutnya, pusat gempa berada di kedalaman 21 km diwilayah tanggara Gunungkidul.

“Pusat gempa berada di sebelah tanggara Kabupaten Gunungkidul,” katanya saat dihubungi Gunungkidulpost.com.

Menurut Indah, guncangan gempa tersebut relatif kecil sehingga banyak dimungkinkan masyarakat tidak merasakan akan getaran gempa tersebut. Namun sekecil apapun pergerakan bumi akan selalu terpantau dan tertangkap oleh alat pendeteksi.

“Kemungkinan besar getaran gempa ini banyak yang tidaj dirasakan oleh warga,” bebernya.

Sementara itu, salah satu warga Semanu Sugiah (40) warga Munggi Pasar mengaku tidak merasakan bahwa adanya getaran gempa.

“Saya nggak merasakan kalau ada gempa,” ucapnya.

Hal itu yang sama juga diungkapkan oleh salah satu warga Wonosari, Anjar (30), dirinya tidak merasakan jika terjadi guncangan gempa. Namun ia mengetaui jika terjadi adanya gempa melalui situs resmi BMKG Yogyakarta.

“Kalau saya tidak merasakan getaran gempa yang mengguncang Gunungkidul, namun saya mengetahui informasi ini melalui situs resmi BMKG Yogyakarta,” tandasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post