Lagi…Kasus Pencabulan Marak Terjadi Ternyata Ini Alasanya

81 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Aksi pencabulan yang dilakukan laki-laki terhadap keponakannya di Kecamatan Playen membuka rentetatan kasus kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak di Gunungkidul.

Selama 2017 silam kasus serupa tercatat pernah ditangani oleh jajaran Polres Gunungkidul.

Kasus serupa diantaranya seperti warga Kecamatan Saptosari, Wasita, 28, oleh jajaran Unit Reskrim Polsek Saptosari atas laporan pencabulan terhadap remaja berusia 13 tahun pada Februari 2017.

Kasus guru honorer di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kecamatan Karangojo, Bahtiar, 28, yang melakukan aksi pencabulan terhadap muridnya.

Polisi meringkus YY, 18, pelaku pencabulan hingga menyebabkan kehamilan kepada seorang gadis berusia 17 tahun, warga kecamatan Ngawen.

September, aksi kekerasan seksual dilakukan AK, 22, warga Desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul terhadap gadis berusia 17 tahun hingga hamil beberapa bulan.

Kasat Reskrim Polres Gunungkidul, AKP Riko Sanjaya, mengatakan sejumlah faktor bisa menjadi penyebab kasus kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak. Salah satunya adalah faktor kedekatan dengan keluarga korban.

“Sebagian besar pelaku merupakan kerabat atau ada hubungan kedekatan dengan keluarga korban,” kata Riko kepada wartawan, Minggu (22/7/218).

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady meminta para orangtua untuk dapat mengawasi pergaulan anaknya. Orangtua diimbau untuk tidak terlalu sibuk dengan pekerjaanya yang berakibat lupa memantau kondisi anak.

“Masyarakat harus peka jika ada hal-hal seperti ini,” ujar Ahmad Fuady. (Santi)

Related Post