Lagi…Longsor Melanda Dua Kecamatan Disisi Utara Gunungkidul

600 views
image

Kondisi Tebing Longsor Pada Sabtu (11/2) sore. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Nglipar – Tebing setinggi delapan meter di Padukuhan Kedok Ploso RT03/RW10, Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar longsor pada Sabtu (11/2/2017) sore.

Informasi yang dihimpun Gunungkidulpost.com, longsor tersebut terjadi pada pukul 15.00 WIB akibat hujan deras yang mengguyur kecamatan Nglipar sejak Sabtu siang merusak bangunan teras rumah milik Sunardi yang terbuat dari kayu.

“Longsor terjadi akibat hujan dan rumah saya berada di bawah tebing menjadi sasaran runtuhnya tebing setinggi delapan meter,” kata Sunardi kepada Gunungkidulpost.com.

Menurutnya, atas kejadian tersebut kerugian ditafsir mencapai Rp 3 juta rupiah. Sementara itu, warga setempat telah melakukan kerjabakti guna mengevakuasi bangunan teras tersebut.
“Puluhan tetangga dibantu tokoh masyarakat dan pemerintah desa telah melakukan kerjabakti menyingkirkan bangunan yang roboh akibat timbunan longsoran tebing,” ucapnya.

Selain itu, peristiwa tanah longsor juga terjadi di Padukuhan Tajirejo RT01/RW08 Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari sekitar pukul 14.30 WIB. Longsornya tebing tersebut mengancam rumah warga milik Karno Suwito (66).

“longsoran ini mengancam rumah milik karno suwito. Longsor terjadi akibat hujan deras & menyebabkan pondasi rumah menggantung,” ucap Kapolsek Gedangsari, AKP Edi Purnomo.

Menurutnya, lokasi ditutup dengan terpal untuk menghindari erosi. Hal itu karena cuaca masih mungkin terjadinya hujan.  “Kami telah melakukan himbauan kepada warga setempat untuk terus meningkatkan kewaspadaan,” pungkasnya  (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post