Lagi Pantai Selatan Makan Korban, 27 Orang Tersengat Ubur-ubur, 2 Orang Tergulung Ombak

14 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Puluhan wisatawan di Pantai Selatan Gunungkidul menjadi korban kecelakaan laut.

Berdasarkan data dari SAR Satlinmas Istimewa Wilayah II, sebanyak 32 orang mengalami luka dengan rincian 27 orang disengat ubur-ubur, 5 orang tergulung ombak.

Koordinator SAR Satlimas Korwil II Marjono mengatakan kejadian tersebut terjadi di beberapa area yaitu di pantai Sepanjang, pantai Drini, dan pantai Krakal.

“Korban di Pantai Sepanjang ada 5 orang, di Pantai Drini sebanyak 8 orang,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (19/6/2018).

Ia memaparkan, korban berasal dari berbagai umur dari anak-anak hingga dewasa dan kejadian pada pukul 14.00.

Menurutnya korban kecelakaan laut dapat tertangani semua sehingga tidak mengakibatkan korban meninggal dunia.

“Semua dapat tertangani, ada yang sesak napas karena kami kekurangan tabung oksigen dan langsung dilarikan ke puskesmas terdekat,” terangnya.

Sebelumnya Marjono memprediksi ubur-ubur sudah tidak muncul lagi di pantai Gunungkidul akan tetapi perubahan cuaca yang cepat membuat ubur-ubur muncul kembali.

“Mulai kemarin sore cuaca mulai berubah serta arus angin juga sudah berpindah semoga besok tidak muncul lagi,” terangnya.

Selanjutnya ia mengatakan persediaan obat sudah dipersiapkan dari puskesmas Tanjungsari dan klinik Multazam, juga obat penghilang rasa sakit sudah tercukupi.

“Untuk korban yang mengalami sesak napas seperti tadi kami lamgsung melarikan ke puskesmas atau klinik terdekat,” tuturnya.

Sementara itu satu diantara korban yang tersengat ubur-ubur di pantai Sepanjang Resi (17) warga Jambu kidul, Ceper, Klaten mengatakan tubuhnya merasa gatal, dan sakit perut terkena sengatan ubur-ubur.

“Setelah tersengat terasa gatal, sakit perut, nafas juga terasa sesak,” pungkasnya. (Santi)

Related Post