Lagi, Ular Piton Raksasa Menyerang Rumah Warga

474 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Ular piton berukuran besar banyak bermunculan di wilayah Gunungkidul.
Jika sebelumnya ular piton menyerang warga di Kecamatan Ponjong, ular berukuran besar kembali muncul.

Kali ini ular piton berukuran panjang 5 meter berhasil ditangkap oleh warga di Dusun Gembuk, Desa Getas, Kecamatan Playen.

Ular tersebut berhasil ditangkap warga setelah sebelumnya dipergoki hendak menyerang hewan ternak milik warga pada Sabtu(12/1/2019) dinihari.

Kepala Desa Getas, Kecamatan Playen Pamuji mengatakan, piton ditangkap warga saat mendekati pemukiman.
Dan saat ini disimpan di salah satu rumah warga bernama Sukro di Dusun Gembuk.

“Beberapa hari sebelum penangkapan ular itu, ada warga yang mempergoki seekor ular besar akan memangsa ayam. Lalu beberapa hari kemudian ditangkap ular ini,” katanya saat dihubungi Minggu (13/1/2019).

Menurut dia, ular berukuran besar sudah sering bermunculan di daerahnya. Namun demikian, tidak semua berhasil ditangkap.

“Ular hasil tangkapan biasanya diletakkan di kandang, jika ada yang berniat membeli ya diserahkan. Karena warga di sini tidak bisa memelihara ular,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Suseno Budi Sulistyanto mengatakan, munculnya ular piton kemungkinan karena minimnya makanan di habitat aslinya.

Sehingga, beberapa di antaranya muncul ke sekitar pemukiman warga dengan mengincar ternak.

“Untuk mencegah pemangsaan ular pada ternak, yang bisa dilakukan masyarakat memperhatikan kebersihan lingkungan kandangnnya,”ucapnya. (G1)

Related Post