Lahan Pertanian Mulai Diserang Hama Uret

188 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Hama uret menyerang lahan pertanian sebagian petani lahan kering di Gunungkidul. Namun demikian, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul menyatakan bahwa prosentase serangan hama uret masih tergolong kecil.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Raharjo Yuwono menuturkan, berdasarkan data ada puluhan lahan padi gogo rusak, tetapi sampai saat ini serangan hama uret masih pada titik-titik tertentu saja, bahkan sebagian wilayah saat sudah mulai panen.

“Luas total lahan padi gogo di Gunungkidul mencapai 48.628,7 hektar sedangkan serangan hama uret tidak lebih dari dua persen,” katanya, Kamis (14/2/2019).

Raharjo memaparkan, di Kecamatan Purwosari, setiap satu hektare bisa menghasilkan 3 ton gabah kering giling. Kemudian kelompok tani Ngudi Raharjo Desa Melikan, Kecamatan Rongkop hasil ubinan 2,5 x 2,5 meter bisa menghasilkan 4,7 kilo atau 6,5 ton per hektare.

“Kami siap untuk menanggulangi serangan hama uret, dengan menerjunkan petugas ke lapangan selain itu dinas juga akan membagikan pestisida gratis, kepada para petani yang membutuhkan,” katanya.

Sementara itu kelompok wanita tani (KWT) Maju Lestari Padukuhan Lemahbang, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan, Yuniasih menuturkan, hama uret sudah merusak tanaman padi di wilayahnya.

“Hama uret itu menyerang pada bagian akar padi, akibatkan bagian daun dan batang mengering,” ucapnya.

Jika serangan hama uret tidak segera ditangani maka puluhan hektar padi di wilayah Kecamatan Paliyan terancam gagal panen. (Santi)

Related Post