Lahan Sirkuit Balap Akan Ditambah Tiga Hektar

41 views

Gunungkidulpost.com – Semanu – Proyek pembangunan sirkuit di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu terus didorong.

Setelah usainya pembebasan lahan seluas tujuh hektare pada tahun sebelumnya, kini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), berencana menambah luasan lahan dengan rencana tambahan pembebasan tiga hektare lagi.

Kepala Disdikpora, Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan, pihaknya berencana menambah lahan seluas tiga hektar lagi. Hal itu untuk memenuhi kebutuhan lahan yang akan digunakan untuk membangun sirkut balap bertaraf internasional.

“Ternyata untuk ideal sirkuit Internasional dirasa masih kurang, jadi target untuk sirkuit saat ini luasnya 10 hektare. Akan segera kami lakukan pembebasan lagi,” kata Bahron, Jumat (29/6/2018) kemarin.

Menurut Bahron, anggaran untuk pembangunan sirkuit tingkat Internasional itu sendiri diperkirakan menelan sekitar Rp 350 Miliar. Saat ini pihaknya juga tengah berkomunikasi dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemnpora) kaitannya permasalahan anggaran.

“Untuk anggraan sendiri kami nanti berkomunikasi dengan Kemenpora, karena cukup besar, dimungkinkan jika APBD daerah saja masih belum cukup,” ungkapnya.

Pembangunan sirkuit ini menurutnya akan dilakukan dengan bertahap dan diharapkan pada 2021 pembangunan sudah selesai. Bahron juga mengharapkan dengan adanya sirkuit ini mendukung sektor lainnya seperti ekonomi masyarakat dan pariwisata.

“Dengan sirkuit ini kami harapkan potensi lokal dibidang otomotif maupun pembalap dapat berkembang. Selain itu mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitar dengan berdagang atau lainnya,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post