Langkah Awal KNPI Untuk Mengembangkan Wisata Berdaya Saing Tinggi

726 views
Seminar wisata. (Foto: Bayu)

Seminar wisata. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Bumi Handayani, puluhan tahun silam dikenal dengan wilayah yang tandus dan tidak banyak yang tertarik untuk mengunjunginya. Tetapi sejak beberapa tahun terakhir ini, Kabupaten Gunungkidul bak surga yang tersembunyi, destinasi wisata bermunculan dan puluhan ribu wisatawan mengunjungi Kota Gaplek ini. Dengan perkembangan wisata yang luar biasa,  Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan pihak terkait kemudian mempunyai gagasan untuk mengembangkan wisata berdaya saing tinggi.

KNPI berkerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) serta Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) menggelar seminar pemuda dengan tema “Bomming Wisata Pemuda Bangkit membangun Gunungkidul” yang berlangsung di Gedung DPRD Gunungkidul, Jumat (18/11/2016) malam. Dalam kegiatan tersebut diikuti belasan kelompok Sadar Wisata dan tamu undangan lainnya.

Ketua KNPI Gunungkidul, Heri Santoso mengatakan, seminar tersebut merupakan langkah awal KNPI untuk turut mengembangkan wisata berdaya saing tinggi. Sejumlah ormas kepemudaan, kelompok sadar wisata diundang untuk berjalan beriringan mengembangkan wisata di Gunungkidul. “Dalam seminar ini kita mengajak pihak terkait untuk selalu berkarya kreatif supaya prospek wisata di Gunungkidul dapat bertahan dan bisa tetap  mempunyai daya tarik bagi wisatawan,” katanya.

Sementara itu, salah satu narasumber dari Disbudpar Gunungkidul, Nunuk mengatakan, pihaknya menyambut baik langkah KNPI dan sejumlah pemuda di Gunungkidul yang peduli dengan perkembangan wisata di Gunungkidul. “Gunungkidul sangat kaya, baik dari segi budaya dan wisata, serta banyak Sejarah religi pada masa kerajaan. Maka kita sebagai Pemuda harus mendukung dengan mengembangkan sarana penunjang untuk kemajuan wisata,” paparnya.

Menurut Nunuk, adanya hotel, penginapan, restoran, rumah makan, unit usah kerajinan dan makanan khas Gunungkidul sangatlah perlu adanya perkembangan dan kemajuan. Pihanya berharap, kaum pemuda mulai sekarang mampu memikirkan dan mengemas hal tersebut agar lebih memiliki daya tarik bagi wisatawan yang hendak ke Gunungkidul.
“Harapan kami sekarang para pemuda mulai berfikir untuk meningkatkan dan mengemas penunjang pariwisata di Gunungkidul supaya lima tahun mendatang ada peningkatan dan menjadi daya tarik baru,” pungkasnya. (Bayu) 

knpi knpigunungkidul

Related Post