Langkah Camat Kembangkan Para Pelaku UMKM

521 views

Ilustrasi.net


​Gununngkidulpost.com – Patuk – Guna meningkatkan para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Gunungkidul. Kecamatan Patuk memberikan program yang nantinya dapat menjadikan produk unggulan desa setempat.

Camat Patuk, Haryo Ambar mengatakan, peningkatan para pelaku UMKM ini diawali dari program satu desa satu produk. Dengan program tersebut, diyakini dapat yang menonjolkan produk cirikhas desa setempat yang mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat. 

“Jadi program ini, semua harus beda tidak biasa. Cirikhas produk desa setempat bisa ditonjolkan ke pasaran,” katanya, Selasa (13/12/2016).

Menurut Haryo, di wilayahnya saat ini yang dikembangkan ada dua desa yakni, desa Semoyo dan Bunder, kecamatan Patuk. Para pelaku UMKM dapat mengembangkan hasil olah produk mereka yang dijual kepasaran.

“Misalnya di desa Semoyo hasil olahannya berupa emping mlijo dan desa Bunder hasilnya ada tape ketela,” ujarnya.

Haryo menjelaskan, olahan produk yang dihasilkan itu sudah berjalan lima tahun dibawah Unit Pengelolaan Kerja (UPK). Hingga saat ini sudah diikutkan di beberapa kegiatan pameran serta dipasarkan oleh para pedagang. 

“Untuk itu diharapkan dengan adanya ekonomi masyarakat meningkat,” terangnya.

Guna mengembangkan produksinya, kata Haryo, mereka mendapatkan pinjaman. Setelah pencairan diverifikasi dan didampingan dari UPK.

“Peruntukan peminjam usaha ini nantinya digunakan dapat meningkatkan usahanya,” pungkasnya. (Nena)

Related Post