Lansia Kesulitan Rekam E-KTP

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Keterbatasan dan kemampuan warga lanjut usia di wilayah Kabupaten Gunungkidul menyebabkan mereka tidak bisa melakukan proses perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau yang sering disebut e- KTP.

Untuk mengatasi hal tersebut pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunungkidul melakukan layanan jemput bola.

Kepala Dinas Disdukcapil Gununkidul, Eko Subiantoro mengatakan, warga yang melakukan ini khusus yang sudah lanjut usia.

“Satu persatu warga akan dijemput oleh petugas Disdukcapil ke rumah masing- masing untuk proses perekaman e- KTP,” jelasnya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (4/7/2017).

Lebih lanjut Eko menuturkan bahwa di Gunungkidul ada sekitar 8.400 warga lanjut usia dan baru 1.129 yang sudah melakukan proses perekaman e- KTP.

“Kemarin berjalan agak lambat karena terkendala sarana dan prasaranan (Sarpras) dan juga SDMnya, namun selanjutnya sudah di asulkan oleh Bupati untuk proses pengadaan sarpras berupa sepeda motor untuk para petugas yang bertugas menjemput warga lanjut usia,” bebernya.

Untuk saat ini sudah ada tiga tim yang terdiri dari enam orang yang bertugas dalam hal penjemputan warga lanjut usia yang akan melakukan perekaman e- KTP. Petugas itu nantinya akan di tugaskan untuk semua wilayah di Gunungkidul secara bergantian dari desa ke desa di setiap Kecamatan.

“Target kita di tahun 2018 nanti proses perekaman e-KTP untuk warga lanjut usia sudah selesai,” tambah Eko.

Dengan adanga Sarpras dan juga SDM yang secara khusus akan bertugas untuk program ini, diharapkan kedepannya semua akan berjalan lebih cepat dan mudah. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post