Lanud Gading Jadi Ajang Percobaan Verticopter

182 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Pesawat jenis Verticopter yang dirancang oleh Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta dijajal di lanud Gading, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Senin (30/4/2018) sore.

Verticopter merupakan pesawat gabungan antara helikopter dengan pesawat terbang.

Wakil ketua bidang akademisi STTKD Erwin Imawan mengatakan ide membuat verticopter dicetuskan oleh kepala STTKD yaitu Marda TNI Purnawirawan Udin Kurniadi SE, MM yang berharap kedepannya dapat menjadi alat transportasi udara yang tidak membutuhkan landasan pacu yang lebar.

“Verticopter dirancang untuk terbang vertikal, tetapi juga bisa terbang secara horisontal,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Lebih lanjut verticopter masih dalam tahap pengembangan, dan uji coba fungsional. Namun pihaknya mengklaim kedepannya dapat mengangkut manusia.

“Ini sangat membantu untuk transportasi udara yang ada di pedalaman karena di pedalaman landasan pacunya pendek sehingga verticopter cocok untuk penerbangan perintis,” ujarnya.

Dia menuturkan, ditengah pengembangan tersebut masih banyak kendala yang dihadapi diantaranya terbatasnya suku cadang untuk membuat verticopter.

Selain mencoba Verticopter STTKD juga mengujicoba sebuah rudal, rudal tersebut dapat dimanfaatkan oleh anggota TNI untuk sasaran tembak.

“Kami mengalami hambatan pada suku cadang karena di Indonesia masih sedikit yang memproduksi, jadi kami harus impor dari luar negeri,” tuturnya.

Sementara itu, Sinyo selaku Advisor mengatakan kendala dalam ujicoba adalah data yang ada di remote tidak sesuai dengan data yang muncul di komputer. Sehingga akan berpengaruh besar saat melakukan pengoperasiannya.

“Setelah sukses terbang tetapi durasinya kurang karena data di remote throttel nya sudah 100 persen tetapi data yang muncul di komputer tidak singkron dan kurang dari itu,” pungkas Sinyo. (Bayu Prihartanto)

Related Post