Lanud Gading Masih Ada Harapan Untuk Dijadikan Bandara Perintis

443 views

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari –  Wacana pembangunan Lapangan Terbang Gading menjadi bandara perintis masih terus berlanjut. Pemkab Gunungkidul dalam waktu dekat ini akan melakukan pertemuan dengan Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Adisutjipto Jogja untuk membahas rencana tersebut.

Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, pemanfaatan Lapter Gading menjadi bandara perintis masih perlu kajian yang lebih komperhensif. Oleh sebab itu, dia akan berkoordinasi dengan semua pihak termasuk Danlanud Adisutjipto.

“Dalam waktu dekat ini Danlanud akan bertemu dengan saya,setelah itu saya baru bilang bicara lebih banyak,” katanya saat ditemui Gunungkidulpost.com, Selasa (8/2) sore.

Dia menuturkan, menurut informasi yang didapat, dengan panjang landasan pacu 1.400 meter di Lapter Gading, maka pesawat jenis Aerei da Trasporto Regionale (ATR) sudah bisa landing dan take off di  landasan dengan panjang tersebut. Hal itu akan menjadi modal awal, sehingga nantinya tinggal perlu adanya pemenuhan infrastruktur dan komitmen bersama.

“Saya berharap pertemuan dengan Danlanud Adisutjipto mendatang, sudah ada gambaran yang semakin jelas. Selain itu juga ada kesepahaman dan persetujuan mengenai pemanfataan Lapter Gading menjadi bandara perintis,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul, Drajat Ruswandono berharap dengan adanya bandara perintis bisa meningkatkan kunjungan pariwisata. Dia mengakui, pembuatan bandara perintis memang harus dilakukan kajian yang lebih mendalam. Harus adanya perizinan dari Kementerian Perhubungan, perlu pembicaraan lebih lanjut dengan pihak Lanud Adisutjipto.

“Saat ini sudah siap dengan landasan pacu sepanjang 1400 meter sudah layak untuk penerbangan pesawat ATR,” ujarnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post