Lawan Penyakit Kanker Jangan Minder

197 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Guna mengantisipasi penyakit kanker yang terus mengganas. Penderita kanker di Gunungkidul diharapkan tidak malu berobat secara medis.

Pendiri Keluarga Penyintas Kanker Gunungkidul (KPKG), Ngadiyono mengatakan, pihaknya mengajak penyintas kanker agar tidak malu dan minder, sehingga mudah dalam penanganan penyakit tersebut.

Sebab lanjutnya sifat keterbukaan para penyintas akan memudahkan tim medis dalam penanganan penyakit tersebut.

“Saat ini ada 26 orang penderita kanker yang tergabung dalam komunitas tersebut. Sebanyak 14 di antaranya anak-anak,” kata Ngadiyono selepas syawalan penyintas kanker Gunungkidul di Bangsal Sewokoprojo, Wonosari, Minggu (1/7/2018).

Sementara itu Pembina KPKG, Desiyanti menuturkan, komunitas ini diharapkan bisa memberikan semangat dalam perjuangan melawan kanker. Desi sendiri memiliki penyakit kanker tulang yang diidap sejak beberapa tahun terakhir sehingga memaksanya menggunakan kursi roda.

“Komunitas ini sangat membantu bagi penderita kanker untuk terus berjuang,” tutur Desi.

Tujuan pembentukan komunitas ini agar para penyintas kanker bisa berkumpul, saling menguatkan satu sama lainnya. Dia mengungkapkan sebagian besar anggotanya orang kurang mampu, atas hal itu perlu ada penguatan satu sama lain.

Wanita yang juga menjadi gnggota DPRD Gunungkidul ini berusaha mendorong pemerintah untuk lebih memperhatikan penyintas kanker ini.

“Saling menguatkan sehingga tumbuh nilai positif. Sehingga jika ada yang mengalami kesulitan bisa dicarikan solusi,” bebernya. (Santi)

Related Post