Lebaran 2017, Terminal Semin Siap Tampung Bus Luar Kota

470 views

image

Foto: istimewa

Gunungkidulpost.com – Semin – Guna menyambut Lebaran 2017, Dinas Perhubungan Gunungkidul terus keberadaan Terminal Tipe C yang berada di Kecamatan Semin.

Kepala Bidang Angkutan dan Terminal, Dinas Perhubungan Gunungkidul Kuncoro Budi Santoso mengakui, operasional Terminal Semin mulai dilakukan sejak Lebaran tahun lalu. Hanya saja, opoerasional di 2016 masih sebatas uji coba sehingga sarana dan prasarana yang ada masih sangat terbatas.

“Untuk tahun ini akan lebih maksimal lagi. Hal itu dilakukan guna memberikan kemudahan pagi para pemudik atau pun keluarga penjemput di wilayah Semin dan sekitarnya,” kata Kuncoro kepada Harianjogja.com, Rabu (12/4/2017).

Dia menjelaskan, optimalisasi operasional Terminal Semin dilakukan dengan menambahkan beberapa fasilitas seperti lampu penerangan hingga perbaikan saluran drainanse.

Selain itu, dinas juga akan melakukan pemasangan papan nama terminal yang sampai saat ini belum ada.

“Untuk papan nama masih dalam proses. Mudah-mudahan sebelum lebaran sudah dapat dipasang,” ujarnya.

Ini pun optimistis keberadaan dapat digunakan untuk arus mudik di tahun ini. Terlebih lagi, lokasi itu juga digunakan untuk penurunan penumpang untuk kendaraan Antar Kota Antar Provinsi.

“Untuk bus Akap memang tidak diharuskan masuk ke terminal dengan tipe C, tapi dari sisi fasilitas akan lebih enak menurunkan penumpang di Terminal Semin. Jadi jika bus-bus luar kota seperti Maju Lancar, Rosalia Indah hingga Santoso mau masuk pasti diperbolehkan,” katanya.

Selain mempersiapkan fasilitas pendukung untuk memperlancar kesiapan menyambut lebaran, Dinas Perhubungan juga melakukan pemasangan sticker angkutan lebaran di seluruh angkutan perkotaan dan pedesaan yang ada di Gunungkidul.

“Target kami pemasangan sticker ini sudah dilakukan sebelum puasa nanti,” pungkasnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post