Lebaran, Napi Bakal Dapat Remisi

image

Kepala Pengamanan Rutan Wonosari, Afan Sulistiono. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Tepat saat Hari Raya Idul Fitri 1438 H tahun ini, Rumah Tahanan Klasifikasi (Rutan Klas) II B Wonosari akan memberikan remisi khusus untuk sebagian Nara Pidana (Napi) yang memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi.

Afan Sulistiono, Amd. IP, SH, MH, kepala Pengamanan Rutan Wonosari menjelaskan, adapun kriteria untuk memperoleh remisi adalah Napi yang beragama Islam, dan syarat lainnya adalah telah menjalani minimal 1/3 masa pidana.

“Karena ini Remisi yang diberikan di moment lebaran jadi khusus untuk yang beragama Islam, sedangkan untuk yang Non Muslim remisi di berikan pada saat Natal dan Hari Nyepi,” jelasnya kepada Gunungkidulpost.com pada Kamis,(22/6/2017).

Sedangkan untuk remisi umum diberikan saat Hari Raya Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lebih lanjut Afan menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang tentunya dapat menggugurkan remisi. Napi yang masuk dalam kategori Register F merekalah yang tidak akan mendapatkan remisi.

“Yang masuk dalam register F adalah bentuk pelanggaran yang berat seperti kedapatan membawa Handphone, Narkoba, dan Sajam,” jelas Afan.

Napi yang setelah diperiksa terbukti bersalah maka barulah mereka di masukan dalam kategori register F yang otomatis akan menggugurkan haknya.

“Napi yang masuk register F akan kehilangan hak berkunjung, dan remisi tidak akan diberikan sampai jangka 9 bulan, selain itu mereka akan menjalani sel sunyi,” terangnya.

Sel sunyi yaitu sel dimana Napi dikurung sendiri dalam ruangan tahanan tertutup tanpa bisa berkomunikasi dengan Napi yang lain. Sel sunyi harus dijalankan oleh Napi selama satu minggu dan bisa diperpanjang tergantung Napi itu sendiri.

Hingga berita ini diturunkan jumlah napi yang mendapatkan remisi masih menunggu proses oleh petugas. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post