Ledekan Tetap Lesatari Dijaman Now!!

246 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Di jaman serba modern seperti saat ini, budaya Ledekan atau Tayuban masih bertahan di kalangan beberapa masyarakat di Kabupaten Gunungkidul.

Budaya Ledekan atau Tayuban merupakan salah satu kesenian Jawa Tengah yang mengandung unsur keindahan dan keserasian gerak. Unsur keindahan diiikuti dengan kemampuan penari dalam melakonkan tari yang dibawakan. Anggota yang ikut dalam kesenian ini terdiri dari sinden, penata gamelan serta penari khususnya wanita.

Salah seorang warga Desa Wareng, Kecamatan Wonosari, Tris Parman/ Supiyah sengaja memanggil/menanggap ledek untuk tampil dirumahnya. Disamping untuk melestarikan budaya, Tris menanggap ledekan sebagai rasa syukur atas kesembuhan penyakit yang ia derita.

“Memang saat ini penggemar ledekan cuma dari kalangan orang tua. Mereka kalau dengar ledekan pasti gembira ikut joget,” katanya Kemis, (22/11/2018).

Sementara itu, Moh. Anton, salah seorang penonton mengungkapkan, ia bangga akan budaya ledekan yang masih bertahan sampai saat ini.

“Sangat bangga ledekan merupakan warisan leluhur yang harus tetap dilestarikan,” ucapnya. (G2)

Related Post