Lestarikan Budaya Jawa, Disbud Kenalkan Permainan Tradisional

242 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebagai upaya melesatarikan permainan tradisional, Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul ingin kembali menggaungkan budaya jawa di kalangan anak-anak yang ada di seluruh wilayah Gunungkidul.

Salah satu caranya yakni dengan mengenalkan jenis-jenis permainan kepada anak-anak yang ada di desa se-Gunungkidul secara bertahap.

Kepala Bidang Pelestarian dan Nilai Budaya, Disbud Gunungkidul, Agus Mantara mengatakan pihaknya telah memprogramkan secara bertahap untuk mengenalkan permainan tradisional disetiap desa yang ada di Gunungkidul.

“Kami mencoba mendampingi anak-anak saat hari minggu agar hari liburnya tidak sia-sia, dengan berbagai kegiatan mulai dari out bond, ice breaking kemudian belajar materi sekolah dan pengenalan tradisional,” katanya, Rabu (27/2/2019).

Ia menuturkan saat kegiatan belajar tersebut juga diselipkan mengenai kebudayaan jawa, seperti tradisi lisan, tulisan-tulisan, pengetahuan tradional, ritus, dan teknologi tradisonal.

“Contohnya seperti tradisi lisan seperti ojo lungguh neng pinggir lawang (jangan duduk di depan pintu), kalau teknologi tradisional seperti bagaimana cara membuat jamu,” ucapnya.

Tak hanya itu pihaknya juga mengajarkan permainan anak tradisional (dolanan anak) yang menurutnya anak-anak sekarang sudah mulai meninggalkan dolanan. Ada beberapa dolanan anak yang sudah meninggalkan permainan tersebut.

“Banyak anak-anak yang tidak mengetahui permainan tradisional atau olahraga tradisional benthik, gobak sodor, mereka lebih memilih bermain dengan gawainya daripada bermain dengan anak-anaklainnya di luar rumah,” tutupnya. (Bayu)

Related Post