Libas Narkoba Dan Terorisme Pemkab Tingkatkan Program Jaga Warga

140 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Perwakilan dari 311 Pedukuhan di 28 Desa mengikuti pengkukuhan dan louncing Jaga Warga di GOR Siyono, Kamis (14/11/2019).

Jaga Warga sendiri sudah mulai dilaksanakan mulai tahun 2015 di 5 Desa di Gunungkidul. Dan seiring berkembangnya waktu jumlah wilayah yang melaksanakan Jaga Warga semakin bertambah, hingga saat ini ada 311 Pedukuhan di 28 Desa di Gunungkidul.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Gunungkidul, Wahyu Nugroho menuturkan Jaga warga di atur dalam Peraturan Gubernur No. 6 tahun 2019.

“Tujuan diadakannya Jaga Warga yaitu untuk melestarikan nilai-nilai luhur budaya, menjunjung Kesatuan Bangsa, Keamanan, Ketertiban Umum dan Kesejahteraan Masyarakat,” terangnya.

Wahyu berharap adanya program Jaga Warga dapat menjaga ketertiban dan kesejahteraan masyarakat.

“Apabila ada persoalan apapun bisa disikapi dan diselesaikan dengan Jaga Warga yang ada di Desa,” ucap Wahyu.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi memaparkan Jaga Warga agar dapat menginspirasi dan memotivasi daerah lain, agar secara mandiri dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesiagaan masyarakat menghadapi permasalahan keamanan dimasyarakat.

“Jaga Warga bukan hanya formalitas saja namun masyarakat harus dapat mengaplikasikan dengan menumbuhkan nilai-nilai luhur dimasyarakat,” ujarnya.

Lanjut Immawan, masyarakat harus bisa membangun komunikasi yang baik dengan aparat Desa dan keamanan diwilayah masing-masing.

“Dan harus dapat menjaga warganya dari datangnya ancaman seperti narkoba, terorisme atau upaya untuk memecah belah warga,” imbuhnya.

Immawan menekankan, aparat penegak hukum satu dengan yang lain harus dapat bekerja sama dengan baik dan sejalan dengan apa yang menjadi tugas serta kewajibannya.

“Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Pengadilan dan aparat penegak hukum lainnya agar dapat sejalan dalam menjalankan tugasnya,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DIY, Sugeng Iriyanto mangapresiasi dan mendukung adanya program Jaga Warga di Gunungkidul yang sudah 5 tahun berjalan.

“Dengan adanya Pengukuhan dan Louncing Jaga Warga kami mengapresiasi dan berharap peran serta masyarakat tertanam untuk menjaga NKRI,” pintanya. (Falentina)

Related Post