Libur Idul Adha, Kunjungan Wisata Alami Peningkatan

image

Gunungkidulpost.com – Tepus -Selama libur Idul adha pada Jumat (1/9/2017) hingga Minggu (3/9/2017), sedikitnya 51.500 pengunjung memadati kawasan wisata di Gunungkidul. Total hingga awal September ini jumlahnya mencapai 2,4 juta pengunjung.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukomono mengatakan, selama libur akhir pekan lalu yang bertepatan dengan libur Idul adha jumlah kunjungan wisata mengalami peningkatan. Namun demikian, ia mengaku tidak mematok target khusus selama libur kemarin.

“Selama libur tiga hari, terhitung total pengunjung mencapai 51.500 orang,” kata Hary kepada wartawan, Senin (4/9/2017).

Menurutnya, dengan lonjakan tersebut, dinas pariwisata berhasil menarik retribusi sebesar Rp415 juta. Hary mengungkapkan, tingkat kunjungan masih didominasi di kawasan pantai, dengan jumlah presentase sekitar 80% dari total seluruh kunjungan. Sedang sisanya 20% lagi merupakan kunjungan di beberapa obyek seperti Gua Pindul, Air Terjun Srigetuk, Gunung Api Purba Nglanggeran dan beberapa destinasi wisata lainnya.

“Sebenarnya untuk tingkat kunjungan masih dapat lebih banyak lagi, karena penghitungan hanya dilakukan terhadap pengunjung yang ditarik retribusi. Jika pengunjung ke destinasi yang belum ditarik, maka dapat bertambah hingga 20% dari jumlah yang tercatat,” ujarnya.

Hary mengungkapkan, Gunungkidul menjadi destinasi unggulan di DIY. Hal ini dibuktikan dengan tingkat kunjungan yang menembus 2,4 juta pengunjung dan dengan pendapatan lebih dari Rp20 miliar.

“Untuk pengembangan, kita tidak hanya fokus ke obyek di kawasan pesisir. Namun fokus juga dilakukan di sektor utara seperti Embung Batara Sriten, Puncak 4G di Gedangsari hingga kawasan ekowisata Green Village,” katanya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post