Libur Natal Dan Tahun Baru, Awasi Tingginya Gelombang Pantai

448 views

Foto : Istimewa



​Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Kawasan pantai selatan di Gunungkidul diprediksi akan dibanjiri pengunjung pada libur Natal dan Tahun Baru. Meski begitu, dampak cuaca ekstrem yang terjadi saat ini akan berakibat pada tingginya gelombang yang mengancam keselamatan para wisatan.

Koordinator tim SAR wilayah II Gunungkidul, Marjono mengatakan, jika kondisi ombak yang tinggi sering kali membuat para wisatawan nekat untuk bermain di laut tanpa menghiraukan nasehat tim SAR. Dengan begitu, kecelakaan laut hingga menelan korban jiwa banyak terjadi. Seperti di pantai Baron wisatawan diharapkan waspada terhadap potensi tingginya gelombang laut. 

“Di Pantai Baron memiliki palung laut yang ciri-cirinya keruh di permukaan namun di bagian dasar air terdapat arus yang kencang. Arus itu yang membuat wsatawan kerap terseret ke tengah laut,” katanya, Sabtu (24/12/2016).

Marjono menjelaskan, sebagai antisipasi adanya kecelakaan laut, pihaknya menyiagakan jetsky yang digunakan untuk berpatroli di pantai maupun sungai. Sehingga wisatawan supaya tidak berenang ke tengah laut dapat segera ditarik kembali ke permukaan.

 “Kalau memang ada kecelakaan laut ataupun wisatawan terseret ombak, dengan cepat dapat segera tertolong dengan jetsky ini,” ujarnya.

Marjono menambahkan, disamping itu, adanya aliran sungai bawah tanah di Pantai Baron juga patu diwaspadai wisatawan. Sebab di sungai tersebut, ketika musim hujan ditambah dengan abrasi kendalamannya bisa mencapai 4 meter.

“Kondisi seperti ini yang membuat kami bekerja ekstra. Karena kami harus meningkatkan pengamanan. Sebab keselamatan wisatawan menjadi tanggung jawab kami,” imbuhnya. (Nena)

Related Post