Libur Natal dan Tahun Baru, SAR Siaga 24 Jam

578 views



Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Guna mengantisipasi kecelakaan laut, selama libur panjang natal dan tahun baru, semua anggota tim SAR Gunungkidul akan disiagakan selama 24 jam penuh.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Gunungkidul, Agus Hartadi mengatakan, Pada liburan natal dan akhir tahun ini, seluruh personel akan dikerahkan dalam menjamin keamanan dan kenyamanan para wisatawan di pantai selatan. Personel SAR yang berjumlah 86 orang tersebut akan menjaga sepanjang 74 km pantai selatan Gunungkidul. 
“Kami kerahkan untuk menjaga di 22 titik wisata pantai yang kerap dikunjungi wisatawan,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (22/12/2016).

Menurut Agus, Pantai Baron akan menjadi prioritas utama personel paling banyak karena lokasi tersebut yang paling ramai oleh wisatawan.

Dijelaskannya, pembagian personel tersebut akan disebar secara kondisinal. Selain mengerahkan SAR pihaknya juga menggandeng relawan, personel kepolisian sektor (Polsek) dan polisi air udara (Pol Airud) setempat yang akan turut dikerahkan dalam membantu pengamanan. 
“Harapan kami wisatawan memperhatikan keselamatan sendiri dengan mematuhi larangan dan rambu-rambu bahaya mandi di laut,” ucapnya.

Terpisah, koordinator SAR Gunungkidul, Marjono mengaku, sudah menyiapkan personilnya untuk menjaga kawasan pantai yang selama ini banyak dikunjungi wisatawan. 
“Guna melakukan pemantauan wisata, kami akan akan mengguakan peralatan kapal jetsky untuk mempercepat proses pertolongan korban kecelakaan laut,” bebernya. (Bayu)

Related Post