Libur Panjang Jadi Incaran Pencuri, Pihak Sekolah Dihimbau Titipkan Barang Ke Polsek

26 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Libur panjang pada hari raya Idul Fitri tidak lantas membuat sekolah-sekolah di Gunungkidul boleh ditinggalkan melompong.

Rawannya kebakaran hingga pencurian saat sekolah sedang libur panjang menjadi perhatian Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul untuk tetap waspada.

Untuk itu, Kepala Disdikpora Gunungkidul mengimbau kepada sekolah untuk melakukan pengecekan terhadap lingkungan masing-masing.

“Nanti akan membuat piket jaga sekolah serta monitoring ke sekolah-sekolah,” jelasnya saat ditemui wartawan, Sabtu (9/6/2018).

Hal ini untuk memastikan bahwa aset-aset sekolah yang saat ini sudah mulai lengkap dapat terjaga dengan baik hingga awal masuk sekolah nanti.

“Sebelum libur sekolah kunci-kunci sekolah yang rusak harap untuk diperbaiki atau jika memungkinkan sekolah dapat memasang teralis,” ujarnya.

Untuk menghindari bahaya kebakaran, Bahron meminta kepada pengawas untuk melakukan pendataan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) baik sekolah yang sudah mempunyai ataupun belum.

“Kelayakan APAR harus diperhatikan, apakah masih berfungsi atau tidak,”ujar Bahron.

Mantan Sekertaris Disdikpora tersebut menambahkan agar sekolah melakukan pengawasan terhadap penggunaan listrik, air, serta serta hal-hal yang tidak diinginkan saat libur lebaran.

“Pokoknya semua harus waspada, toh jika masih kawatir barang-barang berharga bisa dititipkan di masing-masing Polsek karena kami dengan pihak kepolisian juga sudah melakukan kerjasama terkait penitipan barang berharga,” paparnya.

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuadi mengaku pihaknya menghimbau kepada semua sekolah memasuki libur panjang ini, perlu meningkatkan keamanan. Hal itu guna mengantisipasi pencurian yang banyak menyasar kawasan sekolah saat kondisi sekokah lengah.

“Kami siap membantu mengamankan barang berharga, dan kami menghimbau kepada pihak sekolah demi keamanan barang berharga sebaiknya dititipkan ke Polsek terdekat,” pungkas AKBP Ahmad Fuady. (Bayu)

Related Post