Libur Panjang, Sebanyak 50.783 Wisatawan Padati Gunungkidul

126 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Moment libur Imlek selama tiga hari, dari Jumat (16/2) – Minggu (18/2) Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, mencatat sebanyak 50.783 wisatawan mengunjungi berbagai obyek wisata di Gunungkidul.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan, dua hari yakni Jumat (16/2) dan Sabtu (17/2), data yang masuk dari pos retribusi seluruh obyek wisata sebanyak 33.033 wisatawan. Dari jumlah tersebut PAD berhasil terkumpul Rp 261.006.000.

“Data yang masuk dari pos retribusi baru pendapatan selama dua hari, sedangkan PAD hari Minggu bemasih dalam proses penghitungan,” katanya kepada wartawan, Minggu (18/2/2018).

Menutur dia, untuk data hari minggu meski PAD belum terkumpul namun jumlah wisatawan mencapai 17.750 orang.

Lebih lanjut, Hary mengatakan, sebagian besar pengunjung atau sekitar 80 persen wisatawan mengunjungi pantai selatan. Sisanya mengunjungi obyek wisata lainnya seperti Gunung api purba nglanggeran, gua pindul, dan berbagai obyek lainnya.

“Pantai masih mendominasi kunjungan wisata,” ucapnya.

Dengan banyaknya kunjungan wisata tersebut, ia mengatakan, pemkab akan terus membenahi kawasan pantai.

Pedagang yang semula berjualan di dekat bibir pantai akan dipindah sementara. Pemerintah tengah menyiapkan anggarna Rp 4,7 Miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Nanti selain lokasi relokasi, juga disiapkan lahan parkir dan masjid,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post