Libur Panjang, Wisata Goa dan Pantai Masih Jadi Idola

493 views

Foto : Istimewa

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Gunungkidul meningkat selama libur panjang. Peningkatan itu bahkan mencapai 100 persen lebih.

Kabid Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunung Kidul Hary Sukmono mengatakan, jumlah pengunjung di sejumlah objek wisata selama tiga hari ini meningkat karena banyak warga yang memanfaatkan libur akhir pekan mereka untuk rekreasi.

“Jumlah pengunjung meningkat sekitar 100 persen leih dibandingkan hari libur biasa, karena banyak warga yang ingin memanfaatkan liburan panjang untuk mengunjungi sejumlah objek wisata di Gunungkidul,’ katanya, Senin (12/12/2016).

Hari menjelaskan, pengunjung di sejumlah obyek wisata pada hari libur biasa saja hanya mencapai 10-15 ribu pengunjung. Namun, pada musim liburan panjang meningkat sekitar 100 persen lebih.

“Pada hari Sabtu sekitar 15 ribu pengunjung dan hari Minggu sekitar 45 ribu pengunjungn total mencapai 60 ribu pengunjung,” jelasnya.

Menurut Hari, diprediksi kunjungan wisatawan itu akan bertambah, pada hari terakhir liburan ini akan  mencapai 10-15 ribu pengunjung.  Peningkatan kunjungan ini terjadi objek wisata khususnya di lokasi wisata goa maupun pantai.

“Biasanya objek wisata yang menjadi favorit tujuan wisata yakni, disejumlah pantai yang ada di Gunungkidul,” ujarnya.

Hari mengungkapkan, kenaikan pengunjung tersebut juga mempengeruhi jumlah pendapatan asli daerah (PAD) selama liburan panjang inu.

“Otomatis  juga mnunjang pendapatan daerah, karena jumlah wisatawan lebih dari 60 ribu orang,” ungkapnya.

Untuk pengamanan pengunjung di sejumlah objek wisata, lanjut Hari, Dinas sendiri juga berkoordinasi dengan aparat kepolisian, SARSATLINMAS, SatpolPP maupun Dinas perhubungan.

“Tingkat pelayanan kita tambah, agar kenyamanan para pengunjung yang menikmati sejumlah objek wisata terjaga,” pungkasnya. (Nena)

Related Post