Liburan Pengunjung Berjubel Di Goa Pindul

112 views

Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Obyek wisata Goa Pindul, di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, dipenuh pengunjung, Minggu (18/2/2018).

Bahkan, pada momen libur panjang ini, wisatawan harus menunggu hingga berjam-jam untuk masuk ke goa sepanjang 400 meter ini.

Dari pantauan, Minggu siang, suasana di mulut goa, pengunjung begitu berjubel hingga berdesakan. Para pengunjung harus sabar menanti menikmati keindahan goa.

Ribuan wisatawan dari berbagai daerah memadati kawasan tersebut untuk bisa menikmati obyek wisata susur goa menggunakan ban bekas dengan memanfaatkan aliran sungai tersebut.

Salah seorang wisatawan asal Magelang, Jawa Tengah, Herbowo menyampaikan, dirinya harus menunggu lebih dari satu jam. Dia harus berdesak-desakan dengan wisatawan lainnya untuk bisa memasuki Goa Pindul.

“Saya menganteri sejak Pukul 07.00 dan baru saja keluar saat ini menganteri sekitar satu jam lebih untuk masuk ke dalam goa,” kata Herbowo kepada Gunungkidulpost.com.

Sementara itu, Manajer BUMDes Maju Mandiri Desa Bejiharjo Karangmojo, Saryanto mengakui ada lonjakan cukup signifikan dibanding hari biasa. Akibatnya pengunjung harus berdesakan saat memasuki mulut Goa Pindul.

Data dari yang ada di sekertariat setempat menyebutkan jumlah pengunjung Sabtu (17/2) kemarin mencapai 1.695 pengunjung.

Umumnya mereka berasal dari luar Yogyakarta yang penasaran dengan keindahan Goa Pindul.

“Hari libur biasa hanya sekitar 500 – 700 an orang, mulai dari kemarin terjadi lonjakan pengunjung. Namun untuk hari ini belum bisa kami rekap,” ucap Saryanto.

Terpisah, Sekertaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono mengaku, pihaknya telah mengeluarkan surat himbauan agar jumlah pengujung di Goa Pindul dibatasi.

Sehingga ekosistem goa tidak terganggu oleh banyaknya pengunjung yang memadati kawasan goa.

“Saat ini peraturan itu sudah kami canangkan bahwa jumlah wisatawan setiap harinya yang masuk ke Goa Pindul harus dibatasi,” kata Hary Sukmono. (R1)

Related Post