Limbah Sampah Harus Bernilai Ekonomis

81 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Masyarakat dituntut untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan sampah sehingga dapat dikelola dengan baik.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Gunungkidul, Agus Priyanto mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui DLH berupaya mengedukasi masyarakat terkait pengelolaan sampah, sehingga menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.

“Diharapkan nantinya masyarakat sadar bahwa sampah berguna, kedepannya dengan membentuk komunitas-komunitas kecil, penggerak bank sampah,” katanya dalam peringatan hari peduli sampah nasional di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Wukirsari, Baleharjo, Jumat (23/2/2018).

Dia juga mengatakan akan meningkatkan standar TPA Wukirsari sehingga menjadi lebih baik lagi. Semakin berkembangnya objek wisata juga menjadi perhatian DLH, terkait pengelolaan sampahnya.

“Ada beberapa opsi yakni membangun TPA dikawasan selatan, atau membuat bank sampah dengan menggandeng komunitas,” papar Agus.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan kebiasaan terkait pengelolaan sampah harus ditanamkan terus menerus, dan dipraktekan tidak cukup hanya dengan pidato saja.

“Permasalahan sampah dilapangan baik diperkotaan maupun pantai harus segera ditangani dengan baik,” tutup Immawan. (Bayu)

Related Post