Lomba Penulisan Buku Sejarah Mulai Libatkan Generasi Muda

84 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mulai melibatkan generasi muda dalam ajang lomba penulisan buku sejarah desa menggunakan bahasa Jawa yang berlangsung di Bangsal Sewokoprojo, Kamis (12/4/2018).

Sekretaris Dinas Kebudayaan Siti Isnaini Dikoningrum mengatakan, tujuan diadakan lomba penulisan sejarah desa ini yakni agar para generasi penerus dapat mengetahui sejarah desanya serta dapat menarik wisatawan.

“Ajang lomba ini bertujuan untuk mengedukasi para generasi muda agar mengetahui sejarah desanya,” katanya saat ditemui wartawan.

Siti Isnaini menuturkan bahwa acara ini melebih target yang sudah ditentukan, target pertama adalah 25 perwakilan desa akan tetapi realisasi peserta mencapai mampu menembus 31 desa.

“Sekarang sudah 31 peserta yang mengikuti. Tahun depan mudah-mudahan peserta dapat meningkat,” ungkapnya.

Sementara itu, juara lomba penulisan buku sejarah desa, Supardal, saat menerima hadiah lomba penulisan buku sejarah desa menggunakan bahasa Jawa, mengaku terlibatnya anak muda dalam penulisan buku generasi penerus tidak kehilangan jati dirinya sebagai warga Yogyakarta.

“Ajang lomba ini sangat kami apresiasi, selain menanamkan kepada masyarakat cinta pada budaya serta menghormati jasa para leluhur juga membentuk karakter generasi jaman sekarang menjadi generasi yang tidak kehilangan jati diri sebagai orang Jogja,” papar Supardal. (Heri Prastawa)

Related Post