Long Weekend, Jumlah Wisatawan Turun Drastis

18 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Meski memasuki long weekend tidak ada kenaikan jumlah wisatawan yang hadir di Gunungkidul. Bahkan kawasan obyek wisata di Gunungkidul tampak sepi.

Hal tersebut dikarenakan masih memasuki bulan Ramadan saat ini, yang cenderung wisatawan menurun.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar), Gunungkidul, Hary Sukmono, mengatakan meski saat ini merupakan momen long weekend, tetapi tak ada peningkatan jumlah wisatawan saat bulan puasa ini.

“Wisatawan cenderung menurun, lantaran baru memen puasa. Sejumlah obyek wisata pun tampak lengah,” katanya kepada wartawan, Jumat (1/6/2018).

Hary menuturkan, selama bulan ramadan ini dalam sehari mencapai 2.000 orang saja sangat sulit.

Peningkatan wisatawan diprediksi akan bertambah pesat seusai lebaran mulai Sabtu (16/6)-Minggu (24/6). Hary mengatakan target wisatawan pada libur lebaran tersebut mencapai 300.000 wisatawan yang tersebar di objek wisata Gunungkidul.

“Ya semoga meningkat libur panjang ini. Kemarin libur Waisak belum lama ini ya lumayan, bisa sampai 7.000 wisatawan,” bebernya.

Terpisah, Ketua Pokdarwis Pantai Baron, Edi Supomo mengatakan kawasan Pantai Baron saat puasa menurun drastis dibanding hari biasa, kunjungan di akhir pekan hanya sekitar 300-400 wisatawan.

“Banyak penurunannya saat puasa, sepi sekali kawasan pantai. Untuk libur panjang ini ya mungkin ada peningkatan, tetapi kalau dibanding akhir pekan saat tidak puasa ya masih jauh,” tutupnya. (Bayu)

Related Post