Longsor Di Nglipar, Puluhan Warga Berhasil Dievakuasi

531 views
image

Puluhan Korban Bencana Longsor Menerima Bantuan Logistik. (Foto:Bayu)

Gunungkidulpost.com – Nglipar – Bencana tanah longsor yang menerjang Padukuhan Ngrandu RT 09 / RW01 Desa Katongan, Kecamatan Nglipar mengakibatkan satu rumah warga rusak dan puluhan warga lainnya terpaksa harus diungsikan, Sabtu(29/4/2017) malam.

Berdasarkan Informasi yang dihimpun Gunungkidulpost.com, tercatat sebanyak 5 kelapa keluarga (kk) yang menjadi korban longsornya bukit setinggi tiga meter lebih.

“Tercatat ada 5 KK atau sekitar 40 warga yang terkena dampak longsornya tebing setinggi 3 meter ini,” kata Kapolsek Nglipar, AKP Kasiwon saat ditemui Gunungkidulpost.com, Minggu (30/4).

Dia menjelaskan, sejak Minggu pagi ini dilakukan kerjabakti masal yang dihadiri oleh BPBD Gunungkidul, Muspika Kecamatan nglipar, Tagana, Relawan, jajaran Polsek Nglipar, Koramil serta puluhan warga masyarakat.

“Sementara kerugian ditafsir mencapai Rp 10 juta,” jelasnya.

Kasiwon manambahkan, saat ini puluhan warga yang mengungsi tersebut telah mendapatkan bantuan logistik dari BPBD Gunungkidul. Sehingga semuanya berhasil dievakuasi dan mendirikan posko evakuasi di kawasan tersebut.

“Relawan dan Tim medis telah siaga di Posko Penanganan bencana yang tidak jaluh dari titik longor tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Gunungkidul, Budiharjo mengaku, dirinya telah menyiapkan dapur umum untuk membantu korban bencana tanah longsor yang berada di Padukuhan Ngrandu RT 09 / RW01 Desa Katongan, Kecamatan Nglipar.
Dari 40 warga kini yang bertahan di Pos penampungan ada 24 orang.

“Jumlah data warga yang ada dipengungsian ada 40 orang, namun kini yang masih tetap tinggal ada 24 orang,” bebernya.

Pihaknya masih melarang warga untuk lembali ke rumahnya dikarenakan ancaman longsor susulan masih mungkin terjadi. Hal iti karena adanya tanah yang retak sepanjang 100 m.

“Kami tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap bertahan dan waspada lantaran kodisi tanah masih sangat mungkin terjadi adanya longsor susulan,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post