Luas Tanaman Padi Belum Capai Target, Dinas Ini Terus Genjot Produksi Padi

205 views
image

Petani saat menanam padi (Foto: Heri)

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Hingga saat ini luasan lahan tanaman padi masih kurang dari yang ditargetkan. Untuk itu, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul terus berupaya menggenjot produksi padi untuk memenuhi kebutuhan di daerah.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan, meski masih ada target luasan lahan padi yang belum terealisasi, namun saat ini target luasan yang telah terealisasi dinilai sudah cukup baik.

“Dari luasan lahan padi yang ditargetkan seluas 57.916 hektare, sudah terealisasi luasanya 44.878 hektare. Jadi kurangnya masih 13.038 hektare lagi,” katanya, Kamis (23/11/2017).

Target tersebut menurutnya akan segera terpenuhi saat masa tanam November-Desember pada tahun ini. Pasalnya saat ini sudah banyak diantara petani yang mulai menanam seiring dengan intensitas hujan sudah mulai tinggi.

Namun, ia mengaku sebagian yang ditanam merupakan padi jenis gogo, yang biasa ditanam di ladang dan tidak memerlukan banyak air.

“Sementara yang untuk tanaman padi sawah mayoritas belum mulai menanam karena ini baru awal musim hujan, sehingga airnya belum mencukupi. Karena padi sawah kan harus membutuhkan banyak air,” ujarnya.

Selain itu, untuk tanaman jagung sendiri, saat ini sudah banyak yang menanam.

“Dari luasan lahan jagung ditargetkan seluas 50.422 hektare, dan yang sudah terealisasi seluas 4.4661 hektare. Artinya masih kurang 5.761 hektare, dari luas lahan jagung yang ditargetkan,” pungkasnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post