Lupa Matikan Kompor, Satu Rumah Warga Hangus Terbakar

48 views

Gunungkidulpost.com – Panggang – Rumah milik Marsudi Wiyono (65) warga Macanmati, Desa Girimulyo,Kecamatan Panggang hangus terbakar, Sabtu,(11/5/2019) pagi.

Tugiyo tim assesment Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul menyampaikan, kebakaran terjadi karena pemilik rumah lupa mematikan kompor setelah selesai memasak.

“Kejadian pukul 09.30 WIB saat pemilik rumah sedang berada di kebun,” terangnya.

Tugiyo menceritakan, Sumijem istri korban sadar bahwa Ia lupa mematikan kompor setelah masuk dapur dan melihat api dari kompor sudah menyambar ke tumpukan kulit jagung yang berada didekat kompor.

“Dalam keadaan panik,Sumijem justru menyiram kompor dengan air sehingga api malah membesar,” kata Tugiyo.

Beruntung ada mobil tangki swasta yang melintas didekat lokasi kejadian,sehingga warga langsung menghentikan mobil tersebut untuk membantu proses pemadaman.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,namun karena dapur yang rusak kaerugian diperkirakan mencapai 10 juta rupiah,” jelasnya.

Untuk diketahui, jika terjadi kebakaran didapur yang disebabkan karena api dari kompor,jangan panik lalu menyiramnya dengan air,karena justru api akan menbesar.

Sebaiknya kita memadamkan api dengan menyemprotkan alat pemadam kebakaran ringan, ataupun Selimut Api (Fire Blanket). Namun jika dua alat tersebut tidak ada, segera padamkan api kompor menggunakan kain goni basah,atau kain pel basah atau handuk basah. Letakan kain basah diatas kompor hingga api benar-benar padam. (Santi)

Related Post