Malam Tirakatan, PGRI Libatkan Warga Untuk Mendukung Pendidikan

image

Malam tirakatan. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2016, Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Gunungkidul menggelar doa bersama di Gedung PGRI, Kamis (24/11/2016).

Dalam kegiatan doa bersama tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, jajaran pengurus PGRI, serta warga masyarakat di kompleks gedung PGRI di Padukuhan Gadungsari, Wonosari.

Ketua PGRI Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan, malam tirakatan ini selain dihadiri oleh jajaran pengurus juga melibatkan tokoh masyarakat sekitar kompleks gedung PGRI.

“Kami juga melibatkan semua jajaran pengurus dan juga warga setempat,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Menurutnya, dalam peringatakan hari guru nasional (HGN) yang bersamaan dengan hari PGRI ke-71 ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja guru guna mencerdaskan peserta didik di sekolah.

“Kedepan semoga dengan bertambahnya umur ini dapat mengabdikan diri dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan,” ucap Bahron.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Sudodo mengatakan, tugas guru saat ini semakin berat, selain harus mendampingi anak didik di sekolah, juga harus bisa memberikan pendidikan berbasis karakter. Sehingga kenakalan remaja di tingkat pelajar mampu ditekan, dan mampu membangun karakter siswa menjadi anak yang lebih baik.

“Peran guru semakin berat, kinerja pun haruslah ditingkatkan untuk membentuk karakter siswa yang berbudi pekerti yang luhur dan lebih baik,” ucapnya. 

Sudodo berharap, dengan bertambahnya umur hari guru ini semakin meningkatkan peran guru terhadap dunia pendidikan. Selain itu bisa mendampingi putra putinya di sekolah dengan penuh tanggung jawab.

“Kami berpesan jangan sampai ada kegiatan belajar mengajar dikelas dengan menggunakan metode kekerasan. Sehingga siswa semakin semangat dalam mengikuti pelajaran,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post