Manfaatkan Lahan Kering, Petani PD Rayakan Panen Padi

image

Petani Lahan Kering Gelar Panen Raya. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Suasana riang gembira terlihat dari para petani yang tergabung dalam kelompok tani Bendosari, yang mencoba inovasi teknologi peningkatan Indeks Pertanaman (IP) padi sawah tadah hujan dan lahan kering. Terbukti mereka berhasil dengan mencoba menanam padi seluas 5 hektar dengan hasil yang sangat memuaskan.

Hari ini, Senin,(22/5/2) mereka menggelar acara temu lapang dan sekaligus akan melakukan panen raya di Bulak Lor Polaman, Wareng, Wonosari, dengan dihadiri oleh kepala BPTP Yogyakarta, Dr. Joko Pranomo, Bupati Gunungkidul yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto.

Dalam sambutannya Bambang menyampaikan rasa bangganya melihat para petani yang melakukan inovasi ini dengan hasil yang sangat luar biasa. Dibawah bimbingan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta dan juga Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) akhirnya dapat dibuktikan bahwa di Desa Wareng ini sangat berpotensi untuk bisa terus ditingkatkan IP padinya.

“Ini sungguh luar biasa, saya ucapkan selamat kepada para petani, yang telah berhasil melakukan inovasi teknologi peningkatan IP padi sawah tadah hujan dan lahan kering ini,”tutur Bambang.

Bambang berharap kedepannya lebih bisa memaksimalkan lahan sehingga hasil juga akan lebih maksimal.

Sementara itu Joko Pramono, Kepala BPTP Yogyakarta menyampaikan bahwa dukungan program ini merupakan upaya untuk meningkatkan produksi padi  sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani, dan diharapkan ini mampu membantu pemerintah dalam menciptakan swasembada pangan.

“Kita selalu berikan pendampingan kepada para petani dari mulai menanam hingga masa panen, diharapkan hasilnya akan lebih maksimal,” ungkapnya.

Dengan hasil kajian yang berhasil ditunjukan diharapkan akan mendorong daerah lain dapat melakukan inovasi semacam ini, tentunya dengan kerjasama dengan pihak-pihak terkait sehingga akan lebih meningkatkan hasil produksi pertanian dan dapat memantapkan swasembada dan ketahanan pangan serta peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani Gunungkidul. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post