Masih Dalam Renovasi, Rusunawa Belum Dapat Dihuni Seluruhnya

image

Rusunawa yang berada di Padukuhan Karangduwet I, Desa Karangrejek (Foto: Heri)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Karangrejek, yang terletak di Padukuhan Karangduwet I, Kecamatan Wonosari, belum dapat dihuni seluruhnya. Tercatat 196 Rusun yang kini tersedia, sebagian besar belum dapat dihuni. Pasalnya, bangunan tersebut masih dalam proses renovasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Rusunawa Karangrejek, Nurgiyanto mengakui belum seluruh rusun dapat dihuni. Baru terdapat sebagian rusun saja, yang sejak, Senin (13/11/2017) mulai dihuni oleh penyewa.

“Ada 45 rusun di Blok A yang sudah mulai dihuni. Untuk yang di Blok B semuanya belum dapat dihuni karena masih dalam perbaikan,” katanya, Senin (20/11/2017).

Total keseluruhannya di Blok B ada 98 rusun yang belum dapat ditempati. Bangunan tersebut belum dapat ditempati karena bak penampungan air yang mendistribusikan air ke seluruh rusun di blok tersebut bocor. Sehingga, perlu ada perbaikan terlebih dahulu sebelum ditempati.

“Targetnya akhir Desember tahun ini perbaikan sudah selesai dilakukan dan sudah bisa langsung ditempati,” ujarnya.

Saat ini, sudah ada 176 warga yang mendaftar untuk menyewa rusun di Desa Karangrejek tersebut. Namun, belum semua yang mendaftar kemudian mengembalikan formulir, baru 45 orang yang mengembalikan formulir dan membayar sewa rusun.

Lanjutnya lagi, tarif sewa yang berlaku bervariasi. Tarif khusus untuk difabel di lantai satu sebesar Rp75.000, sedangkan untuk penghuni umum di lantai dua Rp175.000, lantai tiga Rp150.000, lantai empat Rp125.000, dan lantai lima Rp125.000.

Sebelumnya, Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul Purwanto berharap agar rusunawa segera dioperasikan seluruhnya. Menurutnya, disamping bangunan yang sudah selesai dibangun sejak 2014 lalu. Di sisi lain, hingga saat ini Pemkab juga telah mengeluarkan biaya untuk pembayaran instalasi listrik yang terpasang.

“Semakin lama tidak dioperasikan, maka beban Pemkab akan semakin bertambah,” katanya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post