Maulid Nabi, Warga Gelar Kenduri

559 views



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1437 Hijriyah, puluhan warga Baleharjo menggelar kenduri.

Warga membawa bancakan yang ditempatkan di atas nampan yang berisikan nasi putih, gudangan, lauk, dan kerupuk. Usai acara, bancakan tersebut dibagikan ke warga yang lainnya dan dimakan bersama.

Sesepuh Padukuhan Wukirsari, Darmo Setu mengatakan, kagiatan tersebut dilakukan setiap peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sehingga digelar pada setiap tahunnya. 

“Ini merupakan wujud memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (12/12/2016).

Dia menuturkan, masyarakat sangat antusias dengan upacara kenduri ini. Moment keagamaan selalu dikemas dengan spektakuler seperti pada peringatan, Idul Fitri, 1 Muharam, serta Maulid Nabi ini.

“Ada momen keagamaan yang selalu kami kemas dengan melibatkan puluhan warga untuk menggelar upacara kenduri,” ucapnya.

Pihaknya menambahkan, suasana kebersamaan, guyub rukun dapat terjalin ketika upacara kenduri sperti ini. Dia berharap, dengan acara kendiri Maulid ini dapat membuat masyarakat guyub rukun membangun bersama. Sehingga nantinya acara ini akan menjadi agenda rutin tahunan yang akan selalu dilestarikan.

“Ini akan terus kami lestarikan, sehingga kegiatan keagamaan yang dikonsep dengan kenduri tidak punah hingga anak cucu nanti,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post