Media Film Penting Untuk Lestarikan Budaya

30 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul berupaya lestarikan seni budaya yang ada di Gunungkidul dengan media film.

Diharapkan dengan begitu tidak ada yang mengklaim budaya.

Kepala Seksi Seni dan Film, Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Purnawan Widayatno mengatakan dengan diselenggarakannya workshop pembuatan film yang ditujukan pada pengurus desa budaya dan rintisan desa budaya diharapkan dapat mempertahankan budaya yang ada dan tidak diklaim di tempat lain.

“Media film dokumenter ini dirasa paling mudah digunakan untuk menjaga budaya. Film tersebut dapat jadi bukti otentik,” katanya kepada wartawan, Senin (14/5/2018).

Dia mengatakan saat ini yang menjadi kendala tidak semua SDM yang mengelola wisata paham mengenai dunia perfilman. Ia berharap dengan workshop tersebut paling tidak masyarakat mulai tergerak untuk membuat film dokumenter, sehingga kedepan berdampak positif juga untuk Desa.

“Harapannya nanti dapat mandiri, setelah workshop ini mulai praktik atau mencari referensi sendiri,” ucapnya.

Sementara itu Pendiri Sanggar Film Gunungkidul, Sidik Kasianto mengatakan pada tahapan pertama mengenalkan apa film, jenisnya, cara membuat film, ide cerita, daftar pengambilan gambar kemudian narasi, lalu pengambilan gambar sampai editing.

Sidik mengatakan karena terbatasnya alat pendukung, menurutnya tidak masalah menggunakan kamera handphone.

“Untuk yang pertama menggali ide dulu terpenting,” paparnya.

Ia mengatakan dalam pembuatan film documenter terpenting data harus akurat, dan sebisa mungkin pengambilan gambar natural, atau sesuai aslinya. (Bayu Prihartanto)

Related Post