Mendekati Lebaran, Dinas Perketat Pemeriksaan Kendaraan

44 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul mengelar uji KIR, Kamis (7/6/2018). Uji KIR tersebut digelar dalam angka menegakkan gerakan Ramcek kendaraan bermotor mendekati hari raya lebaran.

“Yang diuji adalah kendaraan umum seperti mini bus, bus, pick up selain uji KIR kendaraan tersebut harus lolos Ramcek,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul, Sunarjo, kamis, (7/6/2018).

Sunarjo mengatakan pihaknya sudah rutin dalam melakukan Ramcek di terminal Gunungkidul, tetapi saat menjelang lebaran Ramcek dilakukan lebin intens.

“Menjelang lebaran Ramcek dilakukan lebih intens, seperti pengecekan ban, rem, jika ada ban yang sobek maka harus ganti unit,” terangnya.

Dia menambahkan, Ramcek tidak hanya fisik kendaraan tetapi juga masalah surat-surat izin.

“Kebanyakan saat lebaran banyak PO yang kekurangan armada lalu menambah armada tetapi izin trayeknya tidak masuk ke dishub, itu banyak terjadi di terminal selang tahun lalu, jika ada masalah dengan unit tambahan tadi yang bertanggung jawab PO terkait,” imbuhnya.

Sementara itu kepala dinas perhubungan Gunungkidul Syarif Armunanto mengatakan saat arus balik pihaknya tidak hanya memeriksa armada saja.

“Gunungkidul biasanya ramai saat arus balik karena banyak warga Gunungkidul yang merantau, saat arus balik kami tidak hanya cek armada tetapi juga cek kesehatan sopirnya,” tuturnya.

Terpisah selaku Operasional satu diantara agen bus Sigit Prabowo mengatakan pihaknya akan menyiapkan 25 bus reguler dan akan menambah 13 bus wisata.

“Diprediksi tanggal 8-9 Juni arus mudik akan mulai naik, kami setiap hari melakukan pengecekan armada, setiap bus datang akan langsung dicek,” bebernya. (Bayu)

Related Post