Mengingat Kembali Pentingnya Pancasila, UUD, Dan NKRI

362 views

Gunungkidulpost.com – Tepus – Anggota DPD RI, GKR Hemas menggelar sosialisasi tentang Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, Kantor Kecamatan Tepus, Kamis (16/2/2018) kemarin.

Dengan tema mewujudkan ketahanan pangan Daerah Istimewa Yogyakarta melauli percepatan pembangunan pertanian, dan kelautan, tersebut menyasar sebagian besar warga masyarakat di Kecamatan Tepus.

“Kita punya Pancasila sebagai pegangan hidup masyarakat. Tidak hanya untuk dihafal, tetapi dihayati dan diterapkan dalam kehidupan,” kata Anggota DPD RI, GKR Hemas.

Jika dapat dihayati dan diterapkan dengan baik, masyarakat akan menjadi rukun, saling tolong menolong, semangat gotong royong tumbuh, menghargai dan menghormati sesama manusia akan terjadi.

Problem yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini Pancasila dan ketiga pilar utama bangsa tidak lagi diamalkan dengan baik. Pemerintah saat ini berupaya untuk mensosialisasikan, merumuskan kembali hal-hal tersebut, dan mencari strategi apa yang terbaik agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat saat ini.

“Lebih-lebih lagi sosialisasi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, dasar negara, sumber etika dan moral banyak dilupakan masyarakat. Sehingga sangat penting untuk kembali disosialisasikan,” ujar istri Gubernur DIY, Sri Sultan HB X itu.

Selain itu pula GKR Hemas juga mengatakan terus mengupayakan apa yang menjadi harapan masyarakat di daerah disampaikan ke tingkat pusat.

Sementara itu, Camat Tepus, Asis Budiarto sangat mendukung kegiatan sosialisasi tersebut sebagai wahana edukasi dan mengingatkan kembali masyarakat tentang pentingnya Pancasila dan ketiga pilar tersebut.

“Sosialisasi tentang Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, ini mengingatkan kembali agar keluarga, masyarakat khususnya di Kecamatan Tepus hidup baik berdampingan antar masyarakat,” paparnya. (Bayu)

Related Post